Routing

Akhirnyaa,,, bisa juga memposting blog pada malam ini, fuih ,, what a busy day,,
but still nice,, masih dengan tetap bermimpi ,, dan terus bermimpi karena mimpi akan membuat mu mengerti tujuan hidup ini.


langsung saja, pstingan kali ini agak sedikit berbeda dengan postingan sebelumnya,
pada postingan sebelumnya kita telah membahas mengenai lapisan lapisan protokol , dan beberapa komponen yang ada didalam lapisan protokol tersebut khususnya di lapisan satu yaitu physical. pada kesempatan kali ini saya akan sedikit lompat ke lapisan yang lebih tinggi yaitu lapisan ke 3 yaitu network.

Dalam lapisan ini ada beberapa protokol yang dijalankan di lapisan ini yaitu protokol IP dan IPX. Tapi bukan IP/IPX yang akan saya bahas pada kali ini , tapi mengenai Routing..



Routing berasal dari kata bahasa inggris yang kata dasarnya adalah route. yang jika di indonesiakan menjadi rute, atau jalur yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan. lalu apa hubunganya antara rute dengan Jaringan komputer?

dalam Jaringan komputer, hal mendasar yang perlu di ingat adalah " Komunikasi antara komputer yang satu dengan komputer lainnya". apa tujuan dari komunikasi ini? ya agar bisa saling bertukan informasi antar komputer. lalu bagaimana komputer bisa mengenali komputer tujuan nya ketikan mengirim data? ya tentu dengan adanya mekanisme pengalamatan , ada yang menggunakan mac-address dan ada yang menggunakan pengalamatan pada protokol IP yang dikenal dengan IP Address. lalu bagaimana dalam suatu jaringan yang sangat besar, suatu paket dapat sampai ke tempat tujuan dengan benar dan tepat? ya dengan melewati jalur jalur yang sudah ditentukan..

Ahhaaaa.. jelas sekali pentingnya routing dalam suatu jaringan, sedikit penggamabaran dari saya mengenai routing ini.

sebagai contoh saya ingin pergi ke Ragunan dan saat ini saya berada di Blok M.kendaraan apa yang akan saya naiki?

ada beberapa alternatif yang dapat di berikan yaitu :

1. dari Blok M anda bisa naik Metromini 75 jurusan Pasar Minggu, lalu turun di lampu merah warung jati, dan dilanjutkan dengan mobil Kopaja jurusan Ragunan.
2. dari Blok M saya bisa naik mobil Kopaja P19 dan langsung turun di ragunan.
3. Saya ingin menggunakan bussway.. jadi dari blokM saya naik bussway, turun di harmoni, lalu saya sambung dengan busway dengan jurusan Ragunan.


dari ketiga option yang dipilih itu kesemuanya benar, semua option tersebut membuat kita sampai ke ragunan. tapi apakah semuanya sudah tepat dan benar?

belum tentu. kita pasti akan memilih yang terbaik dan paling cepat..
opsi no 1. jelas terlihat kita 2 x menaiki kendaraan yang otomatis biayanya 2x lebih besar. sedangkan opsi no 3 memang cukup sekali bayar tapi waktu yang ditempuh semakin lama, sehingga opsi no 2 lah yang akan kita pilih yaitu cukup sekali membayar sampai diragunan dengan cepat dan tepat.

dari case ini dapat kita ambil persamaannya dengan routing.
opsi 1 s/d 3 adalah rute / routing yang bisa kita ambil ketika mengirim data dari suatu sumber ke tujuannya. perangkat routing ( Router ) bisa memilih jalur terbaik dari ketiga opsi tersebut dengan parameter parameter yang ada dalam suatu routing protokol ( static, OSPF, RIP, BGP dll). lalu bagaimana si router ini bisa menentukan jalur mana yang terbaik. ya sudah barang tentu dengan melihat Cost/Metricnya.

Cost atau Metric nya adalah penjelasan mengenai opsi 1 s/d 3 diatas dimana cost dari contoh diatas adalah 1. ongkos yang akan dibayar dan 2. Jarak dan waktu tempuh yang akan diambil.

untuk penentuan cost /metric ini tiap tiap routing protokol mempunya parameter yang berbeda beda , tergantung dari algorithma yang akan digunakan.

ok demikian sedikit gambaran mengenai Routing. tetap semangat, dan bermimpilah karena dengan tetap bermimpi dan berusaha, insya alloh mimpimu akan menjadi kenyataan..

wassalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar