TCP /IP Layer

Hari ke 2 Posting..

Pada postingan pertama, saya sudah sedikit mengambarkan mengenai apa yang dimaksud dengan OSI Layer dan protokol apa saja yang ada di OSI layer.

Dan pada kesempatan kali ini, saya mencoba untuk menjelaskan mengenai Lapisan Protokol lainnya  selain yang telah dikeluarkan oleh OSI. Adapun lapisan protokol tersebut yaitu lapisan protokol TCP/IP.
Lapisan protokol TCP/IP  ditemukan dan dikembangkan oleh DARPA salah satu divisi pada departemen pertahanan Amerika Serikat.  Dalam pekermbangannya model lapisan protokol ini digunakan oleh ARPAnet dalam jaringan internet.Model ini lapinsa protokol ini dikenal juga dengan Internet Layer atau DOD layer.


adapun Detailnya  adalah sbb:



Pada gambar disamping terlihat bahwa TCP/IP layer yang digunakan oleh jaringan ARPANET hanya mempunyai 5 lapisan saja yaitu :
Lapisan paling bawah  adalah
1. Physical
2. Data Link
3. Internet
4. Transport
5. Aplication


TCP/IP    Model menggambarkan secara umum tata cara dan pengaplikasian sebuah protokol dalam suatu jaringan komputer, sehigga sebuah komputer atau beberapa komputer dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya melalui jaringan komputer tersebut.

Lapisan TCP / IP menyediakan konektivitas jaringan secara end to end , Mengatur proses konektifitas tersebut  dengan  aturan aturan dan  tata cara bagaimana suatu konektifitas itu terjadi, kemudian model lapisan ini juga mengatur bagaimana suatu data masuk kedalam jaringan dan format dari data tersebut ketika sudah masuk kedalam jaringan serta bagaimana  proses pengiriman data tersebut dari suatu komputer terhadap komputer lainnya. lalu bagaimana sebuah data/paket yang sudah dilewati melalui jaringan internet  mengenali komputer tujuannya, TCP/IP memiliki metode terseut  yang lebih dikenal dengan metode pengalamatan komputer. dan yang paling akhir bagaimana lapisan TCP/IP mengatur  berbagai macam protokol dapat melewati suati jaringan secara bersamaan. Kesemua itu dapat dilakukan dengan adanya lapisan TCP IP ini.


Next postingan adalah,,, Mengenai Bagaimana suatu data meleati jaringan komputer.
Semoga Tutorial ini bermanfaat dan berguna bagi rekan rekan semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar